7 Alasan Mengapa Camera CCTV Penting Untuk Dipasang Di Rumah

7 Alasan Mengapa Camera CCTV Penting Untuk Dipasang Di Rumah

Mengurangi Resiko Kemalingan

Hal ini akan sangat terasa ketika perangkat CCTV terpampang dengan nyata bahkan dari luar rumah Anda. Sangat tidak kemungkinan, orang yang tadinya berniat buruk seperti rampok atau maling akan berpikir dua kali ketika tahu rumah yang akan dijadikan target ternyata dilengkapi dengan CCTV.

Kejadian yang tergambar dalam video di atas memang bukan berlatar belakang di rumah. Namun video tersebut kurang lebihnya mengilustrasikan bagaimana keberadaan CCTV dapat sedemikian mengintimidasi niat buruk seseorang, bukan?

Memudahkan Pengumpulan Bukti Saat Laporan Kemalingan

Pun kemungkinan terburuk sudah terjadi (rumah terlanjur kemalingan), CCTV akan memudahkan Anda untuk melacak siapa pelakunya. Dengan demikian, proses pelaporan ke pihak yang berwajib pun akan lebih mudah dan lebih cepat membuahkan hasil. Bayangkan jika Anda tidak memiliki bukti lain, terlebih lagi jika saat kejadian Anda sedang tidak ada di rumah atau dalam situasi yang jauh di luar jangkauan pengawasan Anda, pihak berwajib tentu akan kewalahan menindaklanjuti laporan Anda.

Maling yang terekam dalam video di atas tidak berhasil membobol gembok pada pintu rumah target. Namun berkat CCTV, jelas terlihat plat mobil pelaku dan pihak berwajib pun dapat melacaknya untuk mencegah pelaku melakukan aksinya ke target-target lain.

Pengawasan Ekstra Terhadap Penyedia Jasa Asuh Anak atau Babysitter

Bagi sebagian orangtua, meninggalkan anak kepada penyedia jasa asuh atau baby sitter bukan sebuah pilihan melainkan keharusan, dengan alasan yang paling umum yakni kesibukan yang terlampau padat. Ini bukan lah pilihan yang buruk selama Anda beruntung mendapatkan penyedia jasa asuh yang terpercaya. Namun sayangnya, tidak ada yang bisa memastikan hal tersebut hingga Anda benar-benar melihatnya dengan mata kepala sendiri.

Kemalangan yang nampak dalam video di atas bukan hanya satu dua kali terjadi. Belum lagi kasus serupa lainnya yang tidak tertangkap kamera CCTV. Karena itu, komitmen menyewa penyedia jasa asuh dan pemasangan CCTV pada rumah bisa dikatakan sebagai kombinasi paling bijak yang bisa Anda pilih sebagai orangtua dengan aktifitas padat. Toh kalau sudah menyangkut urusan si kecil di rumah, tidak pernah ada kata berlebihan untuk pengamanan dan perlindungan yang ekstra, bukan?

Menghindari Datangnya ‘Tamu Tak Diundang’ Ke Dalam Rumah

Pelaku kriminal tidak melulu datang diam-diam dan di luar jangkauan pengawasan kita. Ada juga yang secara blak-blakkan bertindak dan melakukan aksinya di depan mata kita, dengan rencana yang matang tentunya. Pemasangan CCTV pada bagian depan rumah dapat membantu kita untuk memonitor siapa yang hendak bertamu. Karena sesungguhnya, hanya mengandalkan jendela dan celah intip pada pintu saja terkadang belum cukup untuk meneliti gerak-gerik tamu yang mencurigakan, terlebih lagi jika ukuran rumah Anda tergolong luas.

Penyelamat Si Pelupa Menemukan Barang Yang Hilang

Akui saja, ada di antara Anda yang kerap kali lupa meletakkan barang di rumah sendiri. Dari hal yang sepele seperti remote televisi hingga sesuatu yang penting seperti perhiasan atau bahkan dokumen berisikan sertifikat rumah itu sendiri. Kemungkinan besar Anda hanya ingat kapan dan beberapa bagian rumah dimana Anda ingat terakhir barang tersebut ada di tangan Anda. Inilah situasi dimana pemasangan CCTV dapat menjadi solusi. Pasang di bagian-bagian penting dalam rumah seperti kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga dan Anda yang pelupa akan sangat terbantu saat Anda melalukan kecerobohan yang berakibat hilangnya barang Anda.

Posisikan CCTV dengan jangkauan pengawasan seperti contoh video di atas. Gerak-gerik Anda sekeluarga akan terekam dan rekaman tersebut nantinya akan berguna jika salah satu dari keluarga Anda kehilangan suatu hal yang penting karena lupa meletakannya dimana.

Memonitor Potensi-potensi Kecelakaan Dalam Rumah Akibat Kecerobohan  

Masih ada kaitannya dengan kecerobohan, pernah kah Anda terlelap tanpa memastikan kompor gas yang baru saja Anda gunakan sudah dimatikan atau belum? Pernah kah Anda terlalu asyik menerima telepon padahal Anda sedang menyetrika baju di ruangan sebelah? Jika ya, tandanya Anda memang membutuhkan keberadaan CCTV di dalam rumah. Sebelum kemungkinan-kemungkinan terburuk dari dua contoh situasi di atas terjadi, Anda akan tahu lebih dulu dan memiliki waktu untuk bertindak karena kecerobohan tersebut tertangkap kamera CCTV oleh siapapun yang bertugas untuk mengawasi.

Dengan adanya CCTV dan seseorang yang bertugas mengawasi, tentunya Anda tidak akan lebih rentan terkena musibah seperti tergambar dalam video di atas. Kecerobohan bisa terjadi kapan saja, penting untuk tahu segera ketika itu terjadi sebelum berakibat buruk.

Mengurangi Biaya Yang Harus Anda Keluarkan Untuk Asuransi Rumah

Berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk asuransi rumah setiap bulan atau tahunnya? Beberapa asuransi rumah mempertimbangkan tingkat keamanan rumah untuk mematok biaya yang harus pelanggan bayar. Hal ini lah yang terkadang membuat kita berpikir dua kali untuk memberikan asuransi pada rumah Namun dengan pemasangan CCTV, secara otomatis membuat kadar keamanan pada rumah akan meningkat dan pihak asuransi pun akan mematok harga yang relatif jauh lebih murah. Lebih baik hanya sekali mengeluarkan biaya ekstra untuk pemasangan CCTV ketimbang setiap bulan membayar lebih mahal untuk asuransi, bukan?

Image Credit: Kompas Ekonomi.
Image Credit: Kompas Ekonomi

Jadi, masih berpikir dua kali untuk memasang perangkat CCTV padahal hunian Anda rentan dengan berbagai situasi yang dijabarkan di atas? Jika Anda memiliki pengalaman lain terkait CCTV di rumah, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komen di bawah ini.

admin

Leave your message